Tips Agar Charger Hp Awet

          foto: satuw.com
#Bisnis_JualanPulsa

Tips Agar Charger Hp Awet. Kadang kita bingung kenapa baru saja beli hp baru dengan charger yang original tiba-tiba beberapa minggu charger sudah rusak. Padahal kebiasaan buruk yang tidak disadari sering dilakukan saat menggunakan hp dan mencharging (cas). Sebanyak dan sekuat apapun merek charger yang dipakai ganti-ganti tidak akan tahan lama jika kebiasaan salah terus dilakukan. Uang kita pun habis hanya untuk beli charger baru seharga Rp 70an setiap bulan, padahal hp yang kita pakai hanya tahan 2 tahun sudah lemot. Jika 10 x ganti charger, maka uang bisa keluar Rp 700rb. Ini hanya hitungan kasar saja sekedar memberikan gambaran.

Merawat charger hp berarti menghemat uang sehingga tidak pemborosan untuk hal yang kurang penting. Minimal pake satu charger untuk selamanya sudah cukup bagus. Dampak buruk ganti charger juga membuat hp cepat rusak dan baterai cepat bocor. Jadi perlu dipertimbangkan merek charger tertentu yang cocok dengan merek origina bawaan hp. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar charger hp jadi awet.

1. Agar Charger HP Awet, setelah selesai mencharge hp, charger di lepaskan. Jangan biarkan berlama-lama di sumber listrik agar tidak panas dan merusak.

Ini salah satu kebiasaan buruk yaitu membiarkan saja menggantung dalam colokan listrik selama berbulan-bulan karena malas melepaskan dan ingin cepat charging alias tidak repot cabut pasang. Padahal ini mempengaruhi komponen di dalam charger panas dan cepat rusak. Padahal mencabut charger tidak rumit, tapi karena sudah terbiasa tidak peduli akhirnya sering ganti charger karena rusak. Agar charger awet lakukan dengan baik dan segera keluarkan dari sumber listrik.

2. Agar Charger HP Awet yaitu jangan menggulung kabel berlebihan atau menggunakan hp sambil mencharging hp bisa melipat bagian konektor usb.

Biasanya saat bepergian atau hanya sekedar menyimpan supaya tidak dipakai orang lain, kita terlalu menggulung kabel charger sehingga mudah putus di dalamnya. Di bagian dalam kabel charger terdapat 4 buah kabel tipis berwarna yang membentuk penampang dan ini yang mudah putus kalau terlalu digulung. Bermain hp sambil mencharging juga berpotensi merusak kabel charger karena kadang digerakkan ke kiri kanan tanpa di sadari. Paling berbahaya kalau main game sambil dicharging/dicas. Selain itu ada bahaya lain yang harus diperhatikan saat menggunakan hp sambil mencharge.

3. Agar Charger HP Awet yaitu jauhkan dari jangkauan anak-anak, panas dan air.

Jangan biarkan anak-anak menyentuhnya karena akan jadi bahan mainan sehingga mudah dirusaknya. Bagi anak-anak apapun yang ada di depannya merupakan mainan yang bermanfaat. Jangan heran jika di dalam kabelnya disulap jadi kalung oleh anak-anak.Panas dan air juga harus dihindari karena merusak komponen di dalam charger dan bisa menimbulkan arus pendek (korslet). Jangan lalai meletakkan pada sembarang tempat hanya karena buru-buru pake hp yang penting terisi penuh, padahal penting untuk meletakkan peralatan elektronik pada tempat yang layak agar kita tidak mudah mengganti.

4. Agar Charger HP Awet, Hindari menggunakan satu charger untuk banyak hp.

Biasanya kita berpikir bahwa semua lubang port untuk kabel usb charger sama di hp, padahal beda. Ini yang membuat kita pakai sembarangan charger, meminjamkan ke banyak orang. Lama kelamaan tidak lagi cocok di hp kita. Pinjam meminjam charger itu tidak baik karena merugikannya kita sendiri bahkan membuat lubang port di hp kita rusak total dan tidak bisa dipakai meskipun menggunakan charger baru. Perlunya perhatian untuk penggunaan charger agar hp kita bisa awet dan bisa berhemat uang.

Disclaimer: Tulisan ini original, bukan buatan AI(Artificial Intelligence).

Author: Adiansyah 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Uang Mengejar Kita

5 Dampak Negatif Kebiasaan Berhutang