cara Melaporkan Penipuan online

       Foto: satuw.com
#Bisnis_JualanPulsa

Cara Melaporkan Penipuan Online. Penipuan online tidak ada habisnya dan tak sedikit orang yang korban. Korban penipuan online bukan hanya orang awam, tapi siapa saja seperti cendekiawan, polisi, mahasiswa dan lainnya. Oleh itu perlu ekstra hati-hati di era sekarang. Kita juga tidak tahu latar belakang penipu online itu seperti apa karena begitu pintar menipu banyak orang. Saya sendiri sudah sering ketemu via telepon dan saya malah kerjain balik. Enak sih ngerjain penipu online agar bisa kapok dan sadar. Tapi tidak mempan. Untuk menggagalkan pelanggan tertipu juga sudah 2 x dengan nominal ada yang 100rb dan ada yang 15jt.

Pentingnya kewaspadaan karena jika sudah jadi korban akan susah cara melaporkan penipu ke polisi kalaupun bisa, prosesnya lama terbelit-belit dan sebagian besar gagal. Di sini saya ingin memberi tahu cara melaporkan penipuan online kepada pembaca yaitu melaporkan modus penipuan kepada pembaca agar tahu seperti apa motif dan tindakannya. Begini laporannya.

1. Menelepon atau sms pura-pura sok Kenal

Patut dicurigai jika ada nomor baru menelpon atau sms pura-pura sok kenal seolah dia adalah teman terdekat atau saudara. Lalu memancing kita untuk menebak nama dan identitasnya yang kemudian dia akui sebagai dirinya. Contoh dialog berikut.

Penipu : halo,
Saya.    : halo juga, ini siapa?
Penipu : masa kamu lupa, saya itu yang sering sama kamu, eh lagi buat apa sekarang? (mengalihkan)
Saya   : Ini Andi atau Dimas? (Mulai mengimajinasikan teman dekat), lagi duduk-duduk.
Penipu : Andi, (mulailah dia mengolah kata-kata yang indah bikin orang percaya)...
Saya  : (mulai percaya, terhanyut dalam buaian penipu)
Penipu: Tolong isikan pulsa atau transfer sekian.
Saya : (karena sudah percaya, akhirnya ikut kemauan penipu), iya, sudah.

Saran saya ketika ada nomor baru dan sok kenal menelpon atau sms usahakan untuk jangan bertanya nama teman sendiri, tapi tanya nama artis atau tokoh politik karena kalau penipu benaran pasti langsung dimatikan telponnya. Contoh begini.

Penipu : halo
Saya : halo, ini dengan Upin Ipin atau Ade Armando?
Penipu : (biasa kesal, langsung dimatikan telponnya, kalau melalui sms atau WA langsung kita diblokir. Saya sudah coba banyak kali cara ini dan berhasil bikin penipu kocar-kacir).

Korban penipuan modus begini biasanya matanya agak merah, wajahnya lesu, tidak konsisten dan tingkah laku penuh kebingungan, tapi dia percaya sekali pada penipu tersebut. Korban penipuan mungkin dalam keadaan lelah dan kurang konsentrasi sehingga mudah diperdaya.

2. Memberikan Kupon Undian

Penipu biasanya memberitahu kupon undian lengkap dengan situs tertentu atau sejumlah digit nomor. Dengan terkesan memaksa kita biasa disuruh mengikuti arahannya dengan cepat.  Hati-hati untuk mengakses situs tertentu jangan sampai terjadi skimming bagi hp kita yang ada sms banking. Sejumlah angka yang katanya nomor undian tersebut biasanya adalah nomor briva Shopee Pay atau lainnya yang terkoneksi langsung ke akunnya. Maka sering diarahkan ke ATM untuk menekan nomor tersebut dan jika kita lengah, lalu menekan nomor itu akan muncul tagihan sejumlah nominal uang. Jika terlihat nominal uang dan masih dalam pengaruh penipu, bisa jadi kita mengisi pin ATM dan tertipulah.

3. Menampilkan Gambar Orang Sakit

Biasanya ada beberapa postingan di Facebook yang menampilkan orang sakit, orang kena bencana terus-menerus agar ada yang bersimpati untuk berdonasi. Tapi memang kadang ada yang fakta benar asli, tapi banyak juga yang tipu-tipu. Jika kita punya niat baik untuk menyumbang, kroscek dan teliti akun pemosting serta sumber rujukan untuk berdonasi seperti terdaftar di kitabisa.com Memang kita dapat pahala saat menyumbang, tapi tidak dapat dibayangkan jika uang tersebut digunakan untuk mencelakai orang lain misalnya, hingga tak pantas kita jadi bagian jaringan penyuplai kejahatan yang tanpa disadari. Jaman sekarang semua bisa mungkin terjadi tanpa keraguan. Setiap orang harus waspada karena niat baik kita sering dibalas kejahatan, di sinilah pentingnya peran ilmu dan wawasan untuk melindungi diri kita. Demikianlah Cara Melaporkan Penipuan Online.


Author: Adiansyah 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Uang Mengejar Kita

5 Dampak Negatif Kebiasaan Berhutang

Tips Agar Charger Hp Awet