Bagaimana Masa depan Perkonteran di Indonesia


Bagaimana Masa depan Perkonteran di Indonesia. Maraknya orang konter yang menjual seluruh isi konter dan tutup, serta keluh kesah akibat persaingan wifi orbit, serta ketersediaan menjamurnya marketplace jualan pulsa dan aksesoris. Orang sudah mulai beli pulsa dan hp melalu marketplace.

Walaupun satu per satu tumbang, namun masih banyak yg muncul dan bertahan dengan ekspektasi yang cukup atau kurang.Tidak bisa dipungkiri seluruh perkembangan dan kemajuan zaman membawa banyak perubahan. Aspek minat dan kebutuhan juga mempengaruhi perubahan pola bisnis baru.

Masyarakat yang senang belanja ACC dan pulsa secara online jika semakin banyak mempengaruhi kestabilan ekosistem bisnis konter sekitar, tapi itu merupakan trend yang cukup efesien dan mudah serta murah menurut sebagian pengguna.

Hari ini dan Besok setiap orang adalah punya konter dalam genggamannya sendiri. Kedengaran ngeri bagi pebisnis, tapi menyenangkan bagi masyarakat. Ini seperti dahulu saat nonton TV dengan film Wiro sableng, tapi harus bayar dan kini semua orang punya TV dan Bioskop dalam genggamannya.

Apalagi kalau uang kertas dikurangi dan semua pembayaran menerapkan e-money, atau sejenisnya. Semakin hari, semakin nyata perubahan itu. Kita harus siap berubah, harus siap berinovasi, tapi entah bagaimana caranya??

Tapi saya masih melihat masa depan yang cerah, gilang-gemilang dari dunia konter. Misalnya konter yang jadi agen brilink memiliki banyak keuntungan karena di bank bri sendiri sudah banyak yang membatasi nasabah seperti stor dan transfer di bawah Rp. 5juta harus ke agen Brilink. Itu menandakan peran bank sudah sebagian besar diambil alih oleh bri link seperti transfer, tarik tunai, cek saldo. Tentu saja mendatangkan keuntungan yang besar bagi agen brilink.

Selain itu kita juga bisa jadikan konter untuk join jadi agen traveling dengan menjual tiket pesawat, penginapan,dll. Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa diterapkan untuk dijual di konter yang ramai dibutuhkan orang. Yang paling penting adalah berani keluar dari zona nyaman, membuka peluang dan siap berubah berinovasi. Jangan cuma menikmati apa yang ada dengan jualan itu-itu saja.

Disclaimer: Tulisan ini original, bukan buatan AI(Artificial Intelligence)
Author: Adiansyah 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Uang Mengejar Kita

5 Dampak Negatif Kebiasaan Berhutang

Tips Agar Charger Hp Awet