Cara Hidup Hemat dan Bahagia Dalam Rumah Tangga

  ft: satuw.com



Hidup hemat itu perlu dibudayakan dalam kehidupan rumah tangga baik suami maupun istri dan anak-anak. Hemat pangkal kaya bukanlah salah, tapi boros pangkal miskin mungkin benar. Ada yang dulunya punya uang banyak karena profesi bergengsi, tapi lama-lama miskin. Banyak kejadian begini karena saat merasa ekonomi bagus, penghasilan tinggi, lalu lupa hidup dengan perencanaan keuangan yang baik seperti berhemat. 


Dalam rumah tangga peran ayah sebagai suami yang baik tentu harus paham keuangan. Bukan cuma tahu kerja-kerja lalu hasilnya disetor pada istri sebagai ibu rumah tangga. Walaupun memang istri sebagai ibu lebih paham soal keuangan belumlah cukup untuk saling bekerja sama yang baik. Karena soal uang sensitif sekali. Kadang istri lalai mengatur keuangan, boros, hingga tugas suami mengingatkan. Bukan membiarkan berlarut-larut yang akan menghancurkan ekonomi keluarga. Demikian juga istri harus paham cara mengatur keuangan dengan baik sehingga bila suaminya memiliki kebiasaan buruk yang berdampak pada keuangan keluarga seperti merokok, main judi dan konsumsi minuman keras perlu diberikan teguran dan edukasi. Alangkah parahnya kondisi ekonomi rumah tangga bila istri dan suami tidak mengerti sama sekali tentang cara mengatur dan perencanaan keuangan yang baik.

- Cara Hidup Hemat dan Bahagia dalam rumah Tangga-

Hidup hemat bisa mendatangkan kebahagiaan dalam rumah tangga karena merupakan modal konsep untuk menuju kemakmuran dalam ekonomi. Begitu banyak orang tidak bisa menahan hatinya karena tergoda oleh tren keinginan dan beraneka barang di jaman modern ini. Iklan di sosmed, diskon di toko online sangat menggiurkan, tapi jika sikap hemat telah membudaya dalam rumah tangga, maka tidak akan tergoda dan habis uang kita. Suami sebagai Ayah harus menjadi teladan hidup hemat kepada istri dan anak-anak. Tidak boleh malah Ayah yang sering foya-foya tidak peduli keluarga, ironisnya. Anak harus diajari sejak dini hingga terbiasa ketika besar nanti. Tidak perlu kaya dulu baru hemat dan miskin dulu baru hemat, dimulai ketika merasa sadar akan pentingnya cara mengatur dan perencanaan keuangan yang baik.

- Cara Hidup Hemat dan Bahagia dalam rumah Tangga-

Hidup hemat itu sangat membahagiakan. Tidak gampang tergoda jualan, tidak akan tergiur hidup konsumtif orang lain, tidak lelah melihat gemerlap dunia iklan dan diskonan belanja. Cara hemat dan bahagia dalam rumah tangga yaitu munculkan kesadaran dalam diri baik suami sebagai ayah, istri dan anak-anak tentang pentingnya cara mengatur keuangan dengan baik dan perencanaan keuangan sehingga bisa berhemat. Orang boros itu jarang bahagia karena di dalam pikiran dan hatinya hanya untuk menghabiskan uang.

Author/Editor: Adiansyah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Uang Mengejar Kita

5 Dampak Negatif Kebiasaan Berhutang

Tips Agar Charger Hp Awet