5 Manfaat Belajar Menabung Sejak Kecil


Manfaat Belajar Menabung Sejak Kecil

Menabung merupakan perilaku terpuji yang layak diajarkan kepada anak sejak kecil sehingga ketika sudah dewasa sudah mengerti dan terbiasa menabung. Begitu pentingnya menabung agar bisa hidup sejahtera dan berkecukupan dalam ekonomi. Sebaliknya perilaku hidup boros merupakan perilaku tercela yang sebisa mungkin dihindari lebih dini. Perkembangan zaman yang menuntut banyak kebutuhan hidup sehari-hari serta mahalnya justru memberikan isyarat untuk terus update ilmu keuangan agar bisa mengelola kebutuhan hidup dengan penghasilan yang memadai sehingga tidak ada ketimpangan ekonomi di dalam kehidupan sosial, tidak terdiskriminasi, tereliminasi dari masyarakat yang sejahtera mampu secara ekonomi. Oleh karena itu, mengajarkan menabung pada anak banyak manfaatnya untuk kelanjutan hidupnya.


1. Membiasakan Diri#
Belajar menabung bagi si kecil akan menjadi kebiasaan. Tidak lagi malu untuk sebagian kecil uang yang diberikan orangtuanya disisihkan. Tabungan bisa berupa kaleng bekas atau plastik bentuk ayam yang biasa dijual khusus tabungan. Kebanyakan anak-anak hanya disuruh belanja-belanja, tapi jarang disuruh menabung. Padahal kebiasaan seperti ini yang akan menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan seorang anak di masa depannya. Jadi jangan anggap sepele membiasakan anak sejak kecil.


2. Menghargai Uang#
Seorang anak akan tahu arti uang seribu, recehan maupun segepok. Bahwa sekecil apapun nilai uang tetap diperjuangkan demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Jangan anggap remeh uang recehan, karena darinya bisa menjadi miliaran jika konsisten ditabung. Dengan mengenal angka uang berarti belajar menghargai sekecil dan sesedikit apapun nilai uang karena akan berpengaruh pada perilaku seorang anak seperti sikap tekun bekerja, kejujuran dan hemat. Seorang anak akan tahu menghargai usaha, proses perjuangan, berhemat dan menabung demi tercapainya impian. Uang yang boleh ditabung diperoleh dengan cara halal bukan haram seperti menipu, korupsi, dan mengemis.


3. Berjiwa Sederhana#
Jika seorang anak terbiasa menabung akan mengerti pola hidup sederhana, lebih menunda keinginan dirinya. Dia akan menyayangi tabungan daripada menghamburkan dengan tujuan yang tidak jelas. Mungkin teman sepantaran suka jajan ke sana kemari, tapi anak yang terbiasa menabung tidak terpengaruh dan santai. Anak kecil juga tahu yang mana kebutuhan dan keinginan yang tidak penting. Hidup sederhana tanpa menuntut biaya yang lebih tinggi atau ikut-ikutan tren.

4. Belajar Arti Kehidupan#
Seorang anak yang terbiasa menabung akan tahu betapa susahnya hidup ini. Kalau tidak bekerja tak ada yang bisa disimpan di tabungan. Kebutuhan juga semakin banyak dan mahal setiap saat yang menuntut kita harus cerdas dalam mengelola keuangan. Kalau hidup boros kesusahan ekonomi akan terus terjadi tak ada habisnya. Hidup ini juga tidak hanya butuh nominal uang besar saja, tapi dimulai dari kecil ke nominal besar.

Author/Editor: Adiansyah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Uang Mengejar Kita

5 Dampak Negatif Kebiasaan Berhutang

Tips Agar Charger Hp Awet