5 Cara Pegang Uang Yang salah

              foto: satuw.com



Percaya atau tidak bahwa cara pegang uang yang salah akan mempengaruhi masa depan keuangan kita. Coba lihat di industri keuangan seperti perbankan begitu rapi, teliti, hati-hati memegang uang dan menjadi sebuah sistem yang maju. Saya lihat selama berjualan orang sekitar yang belanja yaitu memperlakukan uang dengan tidak tepat, justru kondisi keuangannya kesusahan. Bahwa memang yang membedakan antara orang kaya dan tidak kaya adalah cara pegang uang. Uang dengan nominal besar selalu rapi dan bersih di tangan orang kaya, sedangkan uang nominal berapapun tetap kusam dan kusut di tangan orang tidak kaya. Uang itu bersifat netral, tapi sikap kondisi psikologis yang mempengaruhi bagaimana cara memperlakukan uang dengan benar agar bisa hidup maju secara keuangan.

-5 Cara Pegang Uang Yang Salah-
Bukan hanya secara pisik uang berupa kertas, tapi ada gambar manusia (pahlawan) di dalamnya. Sudah barang tentu harus memperlakukan uang dengan baik dan benar. Sikap sembarangan yang melipat, menggulung uang selain berpeluang merobek juga sebagai bentuk merendahkan. Kalau uang sudah tidak dianggap berharga secara pisik, justru secara nilai juga diremehkan. Inilah yang menjadikan kita sulit menghargai uang sehingga begitu cepat habis dihamburkan. Walaupun banyak uang dimiliki cepat habis kalau memperlakukan uang seperti ini. Seharusnya cara pegang uang yang benar yaitu disatukan sisi gambar dengan sisi gambar dan sisi nominal satu sama lain.

- 5 Cara Pegang Uang Yang Salah-
Biasanya saat belanja uangnya agak dilempar atau saat disimpan di kamar. Merupakan sikap yang buruk karena terkesan rancu dan meremehkan uang. Padahal cari uang sangat susah, giliran dapat malah sembarangan. Sikap dan perilaku kita yang main lempar-lempar akan membuka peluang dilemparkan secara kondisi pada kehidupan yang susah. Bahkan berpeluang uang kita dicuri di dalam kamar atau tempat penyimpanan karena meletakkan sembarangan. Kadang kita kagetan kok uang sebanyak itu cepat habis. Ya mungkin karena sikap yang suka lempar meremehkan uang sehingga tak sadar dihamburkan dan cepat habis.

- 5 Cara Pegang Uang Yang Salah-
Setelah bersusah payah mencari uang dan saat didapat lalu diletakkan sembarangan. Digulung dalam saku, disimpan di atas tempat bumbu, diletakkan dalam kitab suci dengan alasan terhindar dari Tuyul. Sikap meletakkan uang sembarangan berpotensi uang robek dan hilang. Bayangkan kalau uang 1 juta yang diletakkan sembarangan di kamar mandi bila hilang. Hal cara pegang uang seperti ini yang akan membuat hidup susah, terlebih jika sedang bepergian. Kebiasaan perilaku buruk ini perlu dihilangkan agar rencana keuangan pribadi dan keluarga lebih terarah dan maju. Jangan menyia-nyiakan apa yang telah ada di tangan sehingga hilang atau dicuri orang lain.

- 5 Cara Pegang Uang Yang Salah-
Sering megang uang jutaan, tapi tidak pernah dihitung berapa jumlah dibelanjakan, berapa ditabung, berapa disedekahkan sehingga tidak terasa uang habis. Ini sering terjadi dan kurang disadari. Berhitung memang terlihat merepotkan, tapi arah keuangan akan jelas menuju kemana seperti perencanaan. Punya uang puluhan juta tidak pernah dihitung saat belanja, tiba-tiba habis lalu kaget. Bagaimana hidup akan maju kalau demikian tidak pernah mau berhitung uang dan biaya hidup.


- 5 Cara Pegang Uang Yang Salah-
Biasanya ada yang memandang nominal uang kecil seperti seribu bahwa kurang bernilai. Padahal uang miliaran dimulai dari nominal terkecil. Karena dianggap nominal kecil sehingga dihamburkan, disepelekan. Coba kalau ditabung sedikit demi sedikit akan banyak juga. Yang namanya uang tetap saja uang, perbedaan hanya soal nominal, tapi kalau perlakuan kita baik akan beruntung juga. Misalnya kita jualan untung seribu, jika laku 1000 kali menjadi 1juta. Bukankah itu besar juga nilainya. Andai hal tersebut adalah tabungan akan tercapai rencana keuangan yang maju. Kadang kita hanya menganggap berharga uang 50rb dan 100rb sehingga tidak pernah perhatian pada hal kecil. Dari hal kecil, nominal kecil yang diperhatikan, dihargai dan dirawat akan menjadikan kita orang besar dengan kekayaan besar pula.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Uang Mengejar Kita

5 Dampak Negatif Kebiasaan Berhutang

Tips Agar Charger Hp Awet